Resep Makanan dan Minuman Jabar Lainnya yang Mudah dan Cepat : PolresGowa

Resep Makanan dan Minuman Jabar

 

Resep makanan dan minuman khas Jawa Barat bisa menjadi alternatif nostalgia ketika pandemi memaksa semua orang untuk tidak keluar rumah. Belum lagi hari libur, di saat-saat seperti ini pemerintah mengimbau semua orang untuk tinggal di rumah demi kepentingan kesehatan bersama.

 

Jika kita ingat, pada awal Maret 2019, dua orang Indonesia pertama kali ditemukan positif virus corona. Virus ini menyebar dengan cepat, bahkan saat ini ketika vaksin sudah mulai menyebar, masih ada pembatasan di berbagai daerah.

 

Khusus untuk sektor pariwisata, beberapa tempat wisata bahkan mengharuskan pengunjung untuk membawa testimoni cepat dengan hasil negatif jika ingin berkunjung. Misalnya, tempat wisata Kebun Raya Bogor, salah satu objek wisata alam di Jawa Barat.

 

Pembahasan pariwisata tentu tidak lepas dari masakan khas daerah tersebut, misalnya Bogor terkenal dengan spons talas, mie kuning, dan lumpia basah. Memasak bisa menjadi alternatif untuk bernostalgia.  tidak perlu pergi jauh Anda bisa memasak  resep makanan dan minuman Jawa Barat Anda sendiri  di rumah bersama dengan resepnya.

 

Tahu Gejrot hingga Seblak, Jajanan Jawa Barat yang Sudah Tersebar di Seluruh Indonesia

Snack atau dikenal juga dengan snack adalah jenis makanan yang biasanya dimakan di sela-sela waktu makan. Makanan ini merupakan porsi kecil dengan berbagai rasa. Namun, bagi sebagian orang, jajanan mungkin juga mengenyangkan, misalnya zebrak, jajanan khas Bandung, Jawa Barat.

 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan ngemil dengan rasa gurih pedas ini. Seblak, salah satu resep makanan dan minuman Jawa Barat yang disukai banyak orang. Seblak sendiri sudah ada di kecamatan Cianjur sejak zaman kolonial. Bahan dasar utama seblak adalah kerupuk. Bukan sembarang kerupuk, ini kerupuk khas zeblak oranye berbahan dasar udang.

 

Sosis, bakso, kaki, kweties, mie, dan jamur tiram sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk makanan yang sama ini. Cara mengolahnya cukup mudah terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan musim hujan, yaitu bawang putih, bawang merah,, kecap manis, cabai secukupnya, merica, daun jeruk, saus pedas, rasa, gula dan garam.

 

Haluskan semua bumbu menjadi satu, lalu tumis bumbu hingga harum. Tambahkan 250ml air, tempatkan telur lalu orak-arik. Lapisi juga dengan  sawi hijau, sosis, bakso, kaki, mie, dan bahan-bahan lainnya sesuai dengan rasa. Terakhir, menampilkan kerupuk udang oranye sebagai ciri utama Seblak Bandung.

 

Resep di atas adalah resep seblak sederhana, Anda bisa mendapatkan berbagai variasi seblak lainnya dalam resep makanan dan minuman Jawa Barat di internet.

 

Tidak hanyalah seblak, jajanan khas Jawa Barat lainnya yang sangat sederhana dan mudah dibuat, yaitu Tahu Gejrot. Seperti namanya, jajanan asli dari Desa Jatiseeng, Ciledug, Kabupaten Cirebon ini terbuat dari tahu gembos. Selain mengetahui latihan, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini.

 

Cynhwysion cawl flush siocled:

  1. 1/4 gula merah
  2. 2 sendok makan kecap manis
  3. Asam jawa i flasu
  4. Dapat

 

Musim Uleg:

  1. Garlleg
  2. Bawang merah
  3. Pupur Cayenne i flasu

 

Pertama-tama goreng tahu gembok sampai emas, lalu tiriskan. Buat sup siram dengan merebus gula merah, asam jawa manis, dan garam dalam 500 ml air sampai tercampur semua. Uleg agak kasar bawang putih, bawang merah, cabai secukupnya.

 

Tambahkan potongan gembo tahu di atasnya, akhirnya siram dengan kuah cokelat. Aduk sampai tahu semua tertutup bumbu, tahu gejrot siap dinikmati. Tahu gejrot cocok dinikmati kapan saja dan di mana saja.

 

Resep Makanan Jabar yang Mudah dan Cepat

Setelah membahas resep makanan ringan, kini kita beralih ke resep makanan dan minuman Jawa Barat lainnya . Makanan Jawa Barat bisa dibilang beragam, mulai dari olahan sayuran hingga daging.

 

Makanan pertama yang kita bahas adalah Karedok. Karedok sendiri merupakan salad ala Sunda. Berbeda dengan salad ala barat yang menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebagai campurannya, karedok menggunakan saus kacang sebagai pelengkap bumbu.

 

Hampir mirip dengan pecel khas Jawa Tengah, bedanya karedok menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Karedok sendiri terbagi menjadi 3 varietas, yaitu Terong Karedok, Leunca, dan Kacang Panjang.

 

Sayuran yang digunakan untuk leunca jenis karedok tentu saja buah leunca. Biasanya dipilih buah leunca yang masih berwarna hijau atau tidak bercabang. Sedangkan pada jenis terong karedok, irisan terong mentah menjadi bahan utama ditambah dengan tauhid dan mentimun kubis.

 

Terakhir karedok kacang panjang, jenis karedok ini didominasi dengan mengisi kacang panjang beserta mentimun. Dalam perkembangan zaman, karedok stuffed karedok juga memodifikasi selera masyarakat sekitar. Jadi tidak mengherankan jika karedok juga diberi topping sayuran dan kerupuk lainnya.

 

Makanan yang resepnya pasti akan muncul ketika Anda mencari resep makanan dan minuman khas Jawa Barat di internet adalah Sate Maranggi. Sekilas sate sapi ini  tidak berbeda dengan sate lainnya, bedanya sate ini melalui proses pengasinan yang panjang sehingga menghasilkan sate yang juicy, empuk, dan penuh rasa.

 

Bahan utama dalam membuat sate ini tentu saja daging sapi yang dicincang menjadi kotak-kotak kecil. Anda juga bisa menambahkan lemak sapi untuk menambah aroma sate saat dipanggang. Kemudian siapkan rendaman di bawah ini.

 

  1. 1/4 gram gula merah atau gula jawa.
  2. 5 clôf o garlleg
  3. 5 nyanyikan bawang merah
  4. 3 Segmentau Bys leluhur
  5. 3 Segmentau Bys Lengkuas
  6. Air asam jawa secukupnya
  7. Dapat
  8. Kuning telur

 

Haluskan semua bumbu di atas lalu oleskan pada daging sapi yang ditusuk. Tutup dengan daun pepaya, diamkan selama 3-4 jam sampai bumbu benar-benar terserap. Ingat juga untuk menyiapkan sambal untuk menyebarkan sate, yaitu cabai dengan rasa, tomat, dan garam.

 

Kerangka daging sapi panggang di atas arang yang menyala dan bolak-balik tidak membakarnya. Udang dengan sambal, nasi atau nasi lem hangat. Anda siap menikmati sate maranggi ala Sunda, hidangan ini cocok disantap selagi hangat.

 

Minuman menyegarkan yang wajib dicoba di Jawa Barat

Menyantap sate di malam hari cocok ditemani minuman rempah khas Jawa Barat, Bandrek. Bandrek sendiri selalu masuk dalam jajaran resep makanan dan minuman khas Jawa Barat.   Minuman ini konon lahir dari penduduk dataran tinggi, Jawa Barat.

 

Puncaknya identik dengan suhu dingin, dan minuman berbasis jahe ini digunakan oleh orang-orang di sekitar untuk menghangatkan tubuh mereka.  Anda   yang ingin mencoba bandrek tidak perlu  pergi jauh ke dataran tinggi Jawa Barat untuk menikmatinya.

 

Buat bandrek sendiri di rumah dengan menyiapkan jahe bakar, gula merah, dan kayu manis. Rebus ketiga bahan tersebut bersama-sama, minum selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti telur ayam kampung, serai, kapulaga, dan lainnya untuk menambah rasa.

 

Beranjak dari minuman penghangat tubuh, Jawa Barat juga memiliki minuman khas yang menyegarkan ketika terik matahari menerpa, namanya Es Cendol. Berbeda dengan Dawet es kembarnya yang terbuat dari tepung beras, Es Cendol yang resepnya bisa Anda temukan di  buku resep makanan dan minuman Jawa Barat  terbuat dari tepung hunkwe atau tepung kacang hijau.

 

Tepung Hunkwe dimasak hingga mengental dengan tambahan air daun pandan, air ekstrak daun suji untuk serbuk gergaji, sedikit pati, air keputihan, dan garam secukupnya. Saat mengental, Anda bisa mencetak cendol menggunakan filter dan air es.

 

Rebus juga santan, daun pandan, sedikit garam untuk cendol. Sebagai pelengkap dan pemanis Anda bisa menggunakan campuran gula merah dan air yang dimasak hingga sedikit mengental. Jangan lupa untuk menambahkan es batu halus dan cedar yang siap dinikmati.

 

Resep Makanan dan Minuman Jabar Lainnya yang Mudah dan Cepat

Selain makanan dan minuman tersebut di atas, Jawa Barat memiliki menu lain yang tentunya bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Salah satunya adalah combro atau oncom dijero (oncom inside).

 

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari oncom untuk isian sedangkan kulit luarnya terbuat dari singkong tumbuk. Cara memasaknya cukup mudah, siapkan beberapa bahan untuk adonan luar di bawah ini.

 

  1. 1 kg o buro singkong
  2. Kelapa dilaporkan setengah tua
  3. Dapat
  4. Garlleg 3 clôf
  5. Bawang merah 3 clôf
  6. Kencing 1 segmen bys

 

Sedangkan untuk isian combro, menggunakan bahan-bahan berikut.

  1. Oncom
  2. Winwns garlleg 5 cengkeh thn un.
  3. Pupur Cayenne i flasu
  4. Merica, garam, gula secukupnya
  5. Genhinen gibiola

 

Pertama, Anda perlu membuat isian oncom dengan menumis semua bahan untuk isian sampai rapuh. Sambil menunggu isiannya sedikit dingin, buat kulit luarnya dengan menggiling bawang putih dan bawang merah. Campur dengan singkong dan kelapa yang dilaporkan.

 

Ambil 1-2 sendok makan adonan luar hingga rata, lalu isi dengan oncom, bentuk menjadi bulat. Lakukan lagi dan lagi sampai adonan habis. Panaskan minyak goreng yang harum hingga combro berwarna kuning keemasan.

 

Selain combro, makanan khas Jawa Barat lainnya adalah lotek, tahu pepepe, ikan nila pesmol, nasi tutug oncom dan masih banyak lagi. Untuk minuman ada Oyen ice, cinch ice, spice beer dan lain-lain. Anda dapat dengan mudah menemukan semua resep makanan dan minuman Jawa Barat di internet dan buku resep.

Read More :