Cintai Lingkungan Dan Tubuhmu Dengan Berjalan Kaki Setiap Hari

Malasnya berolahraga mengakibatkan perut semakin buncit gegara boba boba kehidupan, berkurangnya semangat hidup, terus bakalan susah banget buat tidur nyenyak, gampang marah dan juga stres, Ya gak gengs!. Itulah sedikit gambaran kecil ciri-ciri orang yang malas banget berolahraga. Aku simpulkan ciri-ciri itu karna memang aku mengalaminya sendiri by the way, hahhaha.

Aku sudah mulai berfikir keras untuk masalah ini. Bagaimana aku akan menjadi pribadi yang baik dan menjadi orang yang sukses kalau aku bermalas-malasan terus, terutama malas berolahraga. Akhirnya aku tahu betul bagimana caranya untuk mencintai tubuh ini dengan sebaik mungkin, agar tetap sehat dan bugar selalu, yaitu dengan berjalan kaki setiap hari. Saat ini aku tergolong orang yang sangat malas berolahraga, i think saya harus berjalan kaki minimal 6000 langkah perhari. Agar tubuh ini terselamatkan dari berbagai penyakit yang akan menyerang.

Dengan berjalan kaki, tubuh akan menggerakan sekitar 200 otot untuk setiap langkah kaki. Walaupun setiap orang akan memiliki jumlah yang berbeda, disebabkan kekhasan anatomi tubuh.

MANFAAT BERJALAN KAKI SETIAP HARI

Kamadig Nusantara oni hoironi .jpg

Dengan malasnya berolahraga, ada alternatif lain yang bisa menyehatkan tubuh kita, yaitu dengan berjalan kaki setiap hari, minimal 3o menit. Pada dasarnya, berjalan kaki merupakan olahraga yang sangat murah dan ringan untuk dilakukan kapan saja dan dimana saja. Ada beberapa manfaat berjalan kaki setiap hari untuk tubuh kita.

Berjalan kaki baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol. Waktu dengar dari seseorang, kalau dengan berjalan kaki itu bisa menrunkan kolesterol jahat yang ada di tubuh kita, aku langsung rajin banget buat berjalan kaki setiap hari. karena memang aku sendiri penderita kolesterol yang cukup tinggi.

Mengurangi stres dengan rutin berjalan kaki. Jikalau stres datang menghampiriku, hal pertama yang aku lakukan adalah berjalan kaki ditempat keramaian. Seperti berjalan kaki di trotoar jalan dan berjalan-jalan di dalam mall a.k.a hunting baju-baju murah yang lagi di diskon.

Membuat diri kita lebih kreatif. Sebagai seorang Blogger seperti saya ini, harus banget nyiptain hal-hal baru yang bisa menginfluence para pembacanya, bisa dibilang harus kreatif dan harus munculin ide-ide yang briliant. Sebuah penelitian tahun 2014 di Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition, membuktikan kalau berjalan kaki dapat memicu kreativitas. Nah, sering-sering deh jalan kaki lumayan bisa terapi berfikir kreatif.

Sebenarnya sangat banyak sekali manfaat berjalan kaki setiap hari, bukan hanya 3 hal diatas saja. So, now jangan malas atau takut lelah untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Selagi masih bisa berjalan kaki, kenapa ga terus berjalan kaki setiap hari?

IKUT BERKONTRIBUSI MENCINTAI LINGKUNGAN DENGAN BERJALAN KAKI & NAIK TRANSPORTASI UMUM

11 oni hoironi kamadig nusantara bptj kampanye jalan hijau22 oni hoironi kamadig nusantara bptj kampanye jalan hijauoni hoironi kamadig nusantara bptj kampanye jalan hijau

Sudah taukan guys! kalau kualitas udara Jakarta saat ini kian memburuk. Bahkan, Jakarta menjadi peringkat nomor satu dengan kualitas udara terburuk di dunia. Nah untuk mendukung kualitas udara Jakarta agar kembali normal, salah satu bentuk kesadaran pada diri kita yaitu dengan berjalan kaki meski lumayan jauh jaraknya, itung-itung olahraga lah. Kan dengan berjalan kaki selain bisa menghemat pengeluaran pribadi, bisa juga bermanfaat bagi tubuh kita, agar lebih bugar lagi.

Menurunkan polusi udara bukanya hanya dengan berjalan kaki saja gengs. Akan tetapi dengan meninggalkan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan angkutan umum juga ikut turut berkontribusi mencintai lingkungan. manfaat beralih menggunakan angkutan umum itu banyak sekali, bisa menghemat pengeluaran uang bensin, waktu tempuh perjalanan sangat cepat, mengurangi kemacetan di jalan, dan of course mengurangi polusi udara yang kian hari makin memburuk.

Jadi sekarang, yuk sering-sering menggunakan transportasi umum dan dilanjut dengan berjalan kaki.

BADAN PENGELOLA TRANSPORTASI JABODETABEK (BPTJ) MEMBENTUK KAMPANYE JALAN HIJAU

1 oni hoironi kamadig nusantara bptj kampanye jalan hijauoni hoironi kamadig nusantara bptj kampanye jalan hijau 3oni hoironi kamadig nusantara bptj kampanye jalan hijau copy

Ngomongin soal membiasakan pakai transportasi umum & berjalan kaki dalam sehari-hari nih, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek alias BPTJ ikut turut mengkampanyekan hal ini. BPTJ menyebutnya dengan Kampanye Jalan Hijau. Jadi, kampanye jalan hijau itu merupakan kegiatan kampanye yang mendorong masyarakat untuk meggunakan angkutan umum massal, sekaligus aktifitas berjalan kaki sebagai pilihan utama dalam bertransportasi sehari-hari di jabodetabek. Jika hal ini sering dilakukan oleh masyarakat lingkungan kita akan menjadi semakin ramah lingkungan (hijau), yang akan memberikan banyak dampak positif baik secara individu maupun bagi masyarakat secara umum.

BPTJ membentuk kampanye ini dikarenakan isu transportasi sekarang semakin tak terbendung. Masih banyak masyarakat yang belum memaksimalkan pemanfaatan angkutan umum masal dan berjalan kaki. Padahal semakin banyaknya orang menggunakan transportasi pribadi, bisa menyebabkan polusi udara yang sangat parah, dan berdampak serius bagi kesehatan. Dan kini masyarakat kecenderungan menjadi kurang bergerak sehingga resiko terkena penyakit non infeksi menjadi semakin tinggi pada usia muda. Saat ini rata-rata orang Indonesia sangat minim dalam hal berjalan kaki, rata rata hanya 3000 langkah/hari, seharusnya minimal 6000 langkah/hari atau idealnya 10.000 langkah/hari. 

Kegiatan kampanye jalan hijau bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan apresiasi kepada masyarakat yang telah melakukan kegiatan berjalan kaki dan menggunakan angkutan umum serta ajakan untuk menggunakan angkutan umum bagi mereka yang masih menggunakan kendaraan pribadi. Penyampaian pesan dilakukan baik dengan poster2 oleh petugas, pembagian masker, pin, kipas dan tumbler yang kesemuanya memuat pesan2 tentang berjalan kaki dan naik angkutan umum massal. Kegiatan berlangsung Senin 19/8/2019 sampai dengan Kamis 22/8/2019 di Jakarta, Depok dan Bekasi dengan melibatkan taruna/ni Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD).

IMG_1717.JPG

Sehabis naik transportasi umum, yuk jalan kaki sama aku!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.